Pelatihan HPLC Troubleshooting Kelompok Substansi Pengujian Kimia, BBPOM di Samarinda
2 Oktober 2021 06:35
Berita Aktual

Pengetahuan dan keterampilan adalah dua faktor yang menjadi fokus dalam peningkatan kompetensi personel penguji BBPOM di Samarinda. Oleh karena itu, demi mendukung hal ini pada hari Senin – Kamis, 27-30 September 2021 diadakan pelatihan Troubleshooting Instrumen HPLC (High Performance Liquid Chromatography).

Pelatihan ini mengundang instruktur teknis dari PT. Ditek Jaya yang diwakili oleh Bapak Heryudion Kunto Wicaksono. Kegiatan yang diikuti oleh 12 orang penguji kimia ini terbagi dalam 2 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan 2 hari sesi pelatihan yang meliputi materi dan praktek, mulai dari troubleshooting bagian pump, mixer, autosampler, dan detector.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap alat atau instrumen yang sering digunakan harus mendapatkan pemeliharaan yang rutin bahkan perbaikan yang cepat saat mengalami permasalahan. Untuk itu pada kesempatan ini, personel penguji dilatih dan diajarkan bagaimana cara menangani kendala yang dihadapi oleh penguji saat mengoperasikan HPLC, seperti kebocoran pada alat, tekanan alat yang fluktuatif, dan lain-lain. Selain itu, setiap penguji bahkan diberikan kesempatan untuk membongkar dan memasang kembali beberapa bagian pada instrumen. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya secara langsung kepada instruktur teknis, sehingga diskusi terjalin selama sesi pelatihan berlangsung. Hal ini bertujuan agar setiap penguji menjadi terampil dalam menggunakan, merawat, dan memperbaiki HPLC pada cakupan atau bagian tertentu yang diperbolehkan.